Cara Meningkatkan Daya Ingat


Tidak dapat dipungkiri,daya ingat merupakan sesuatu yang amat penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari.Bisa dibayangkan bila daya ingat menurun atau bahkan menghilang.Akan sulit bagi kita untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.Mungkin menurunnya daya ingat akan terasa biasa bagi usia lansia,namun tidak begitu bila terjadi pada usia yang relatif masih muda.
Penurunan daya ingat pada usia lanjut dipandang wajar karena merupakan bagian dari proses penuaan yang akan dialami setiap individu.Proses penuaan yang normal ini akan mengakibatkan sulitnya menerima hal baru dan mempertahankannya namun bukan merupakan penyebab menghilangnya daya ingat secara signifikan kecuali bila ada penyakit yang menyertai dan menjadi penyebab hilangnya daya ingat.
Kehilangan daya ingat bisa terjadi secara bertahap ataupun tiba-tiba,bisa sementara maupun permanen,bisa hanya terbatas pada ingatan peristiwa yang paling terakhir dialami atau peristiwa yang terjadi di masa lalu atau bisa juga kombinasi keduanya.Kehilangan daya ingat yang terjadi di usia lanjut muyngkin tidak akan begitu menggangu namun lain halnya bila hilangnya daya ingat terjadi saat kita msih dalam usia produktif.Tentu akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.Akan sulit bagi kita menentukan prioritas dan solusi yang akan diambil dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.
Untuk itulah perlu adanya upaya-upaya untuk meningkatkan daya ingat kita agar terhindar dari kepikunan dini. Cara meningkatkan daya ingat berikut ini mungkin akan membantu anda mengatasi keluhan melemahnya daya ingat yang anda alami.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

  • Jadikan Olahraga sebagai kebutuhan dan rutinitas harian.
Kita mengetahui bahwa dengan olahraga yang teratur dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan membuat berbagai organ tubuh kita menjadi sehat. Dengan olahraga teratur, dapat memperlancar peredaran darah dan nutrisi ke otak, sehingga kemampuan kerja otak akan semakin maksimal.
  • Tidur yang cukup.
Kelelahan dan stress membuat kita menjadi mudah lupa dan membuat fungsi otak tidak maksimal sehingga akan menurunkan daya ingat. Banyak informasi yang seharusnya bisa kita simpan di otak, namun karena posisi kita dalam kelelahan dan stress, maka informasi yang seharusnya kita simpan akan hilang begitu saja. Sehingga Anda harus membiasakan diri dengan tidur yang cukup agar fungsi otak kembali normal.
  • Mengendalikan stres.
Setiap orang memiliki tingkat stress yang berbeda. Dan Anda seharusnya dapat mengendalikan stress yang menghinggapi hidup Anda. Stress yang berlebihan, dapat mengganggu daya ingat Anda. Salah satu caranya dengan senantiasa menyikapi berbagai permasalahan yang masuk dalam hidup Anda. Hadapi ia dengan bijak, dan Anda akan terbebas dari stress yang mengganggu pikiran Anda. Sehingga daya ingat Anda tidak akan banyak terpengaruh oleh setiap permasalahan yang muncul.
  • Tetap menggunakan kalender, daftar, dan buku alamat.
Menggunakan kalender, daftar, dan buku alamat dapat untuk mengingatkan kita pada suatu informasi. Bahkan jika suatu saat akan memerlukan informasi tersebut, kita tidak perlu melihat catatan kita lagi untuk mengingatnya. Karena dengan menuliskan berarti juga sama dengan mengulang suatu informasi baru, sehingga suatu saat kita dapat mengingatnya.
  • Menyerap informasi baru dalam porsi kecil atau hanya intinya saja
Inti peristiwa akan lebih mudah dicerna sehingga juga lebih mudah untuk diingat. Inti peristiwa juga dapat menjadi kata kunci untuk dapat menarik semua informasi yang telah tersimpan dalam otak.
  • Fokus pada semua indera yang kita miliki saat belajar atau menyerap informasi baru.
Fokus atau mengaktifkan semua indera yang kita miliki saat belajar dapat memungkinkan untuk menyerap semua informasi hingga setiap detilnya.
  • Gunakan otak untuk menuliskan informasi baru, menggambar gambar, atau mengatakan sesuatu dengan keras.
Hal tersebut dapat melatih otak untuk dapat tetap mempunyai daya ingat yang baik.
  • Ulangi menyebutkan atau mengulas informasi baru.
Dengan mengulas informasi baru dapat membantu mengingat informasi tersebut secara perlahan. Ketika mendapatkan suatu informasi baru, mungkin kita ingat mengenai informasi tersebut. Namun mungkin lupa akan detil informasi secara keseluruhan. Dengan mengulangi membahas informasi baru akan dapat membantu mengingat setiap detilnya.
  • Segera obati depresi Anda.
Jika Anda dalam keadaan depresi, putus asa dan gelisah, maka hal itu akan mempengaruhi daya ingat Anda. Sebaiknya Anda segera mengobati depresi itu dengan cara-cara yang menurut Anda terbaik atau bisa berkonsultasi dengan ahli psikologis.
  • Berhati-hati dalam mengkonsumsi obat
Menurut keterangan beberapa dokter, ada beberapa jenis obat yang dapat menurunkan daya ingat Anda. Diantara obat-obatan tersebut adalah antidepressant, antihistamin dan berbagai jenis obat darah tinggi. Bila Anda memang sangat membutuhkan obat-obatan tersebut, hendaknya meminta saran dan resep dokter. Jangan lupa untuk menanyakan efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan tersebut.Namun ada lebih baik lagi sebisa mungkin menghindari penggunaan obat semacam itu dan beralihlah pada pengobatan herbal yang tidak akan menimbulkan efek samping bagi otak anda.
  • Berhati-hatilah dengan suplemen penambah daya ingat.
Saat ini banyak sekali suplemen penambah daya ingat yang beredar, namun apakah Anda yakin dengan semua promosi perusahaan-perusahaa pembuat supleman tersebut yang mengklaim dengan produk suplemennya dapat menambah daya ingat Anda? Dalam hal ini, para ilmuwan tidak secara bulat menegaskan tentang hal ini. Sehingga Anda harus mengkaji ulang dengan cara seperti ini, tentunya dengan berkinsultasi dengan dokter Anda.Bila anda menginginkan suplemen daya ingat yang alami dan tidak akan membahayakan,anda bisa menggunakan xamthone plus.
  • Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan mengasah kemampuan otak.
Jika Anda merasa daya ingat Anda semakin melemah, Anda dapat mempertajam kembali dengan cara membiasakan diri belajar. Dalam kegiatan belajar ini Anda bisa mengikuti perkuliahan, seminar, kursus bahasa, atau kegiatan belajar lainnya yang sifatnya mengasah otak Anda untuk mempertajam daya ingat Anda. Anda juga bisa melakukan dengan cara-cara sederhana seperti mengingat nomor telepon keluarga, teman atau nomor-nomor penting lainnya. Atau Anda juga bisa mengingat berbagai password yang Anda miliki.Anda bisa mempartajam daya ingat Anda dengan melakukan beberapa permainan seperti catur, scrabble atau lainnya. Dengan permainan yang butuh konsentrasi penuh, akan membuat daya ingat Anda semakin terlatih dan tentunya akan mempertajam daya ingat Anda.
  • Hendaknya berusaha meningkatkan konsentrasi dan memfokuskan pikiran.
Cobalah Anda menyempatkan diri untuk memfokuskan pikiran Anda serta melatih konsentrasi Anda dalam kesendirian. Ingat kembali berbagai peristiwa hidup Anda, berbagai hal yang harus disiapkan baik di rumah, kantor atau sekolahan. Atau bisa juga dengan mengingat berbagai benda yang Anda simpan. Dengan seringnya melatih konsentrasi dan memfokuskan pikiran, tentunya hal ini akan kembali menyegarkan daya ingat Anda.
  • Tumbuhkan rasa optimis dalam diri Anda.
Optimis akan suatu perubahan sangat dibutuhkan dalam upaya mempertajam kembali daya ingat Anda. Dengan rasa optimis ini, akan membuka pikiran Anda untuk membuka ruang dan berusaha keras meningkatkan kembali daya ingat Anda yang lemah.
Itulah beberapa tips tentang cara meningkatkan daya ingat yang mungkin membantu anda.Meningkatkan daya ingat tiidaklah sesulit yang mungkin anda pikirkan,dengan keyakinan pada diri sendiri diseratai berbagai usaha seperti yang telah disebutkan diatas,daya ingat yang lemah dan sering menjadi masalah bagi anda akan kembali meningkat.

Penulis : sourceSite ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Meningkatkan Daya Ingat ini dipublish oleh sourceSite pada hari Wednesday, August 22, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Meningkatkan Daya Ingat
 

0 comments:

Post a Comment