Bersenang-Senang Kreatif

Ada seribu satu cara membuat si kecil senang dan terhibur saat liburan sekolah. Tidak semuanya perlu mengeluarkan biaya besar. Yang Anda butuhkan hanya sedikit imajinasi dan kreativitas.
  • Berkemah di Halaman Belakang
    Jika Anda memiliki halaman yang cukup besar, mengapa tidak mendirikan kemah dan mengajak anak berimajinasi seolah Anda berdua sedang berwisata ke hutan? Si kecil bisa mengajak sahabatnya untuk ikut menginap satu malam di kebun dan Anda bisa menyiapkan marshmallow untuk BBQ. Di malam hari, ceritakan petualangan-petualang seru sambil menatap bintang di angkasa.
  • Bertamasya ke Pasar Ikan
    Ingin mengajak si kecil berkenalan dengan fauna air tawar namun dengan suasana yang berbeda? Ke pasar ikan saja! Selain banyak sekali koleksi ikan-ikan hias air tawar yang bisa dilihat berikut berbagai perlengkapan untuk pemeliharaannya, suasana pasar yang riuh namun menyenangkan bisa memberi pengalaman tersendiri bagi si kecil bereksplorasi dan bersosialisasi.
  • Bersenang-senang di Dapur
    Jika Anda sering khawatir saat si kecil melangkahkan kaki ke dapur karena takut ia akan membuat berantakan, sebaiknya Anda ubah persepsi itu. Anak-anak sebenarnya senang membantu di dapur, apalagi jika mereka ikut memasak makanan yang akan mereka santap. Buat kegiatan memasak yang menyenangkan (dan aman!) seperti mengaduk bahan pie, atau mencetak berbagai bentuk hewan pada adonan kue. Jika Anda juga gemar memasak, ajak si kecil mendekorasi kue tart dengan menyediakan berbagai macam permen dan gula-gula sebagai bahan. Yummy…
  • Piknik di Dalam Rumah
    Saat turun hujan bukan berarti anak-anak tidak bisa bersenang-senang. Coba ciptakan acara piknik di ruang tamu. Pinggirkan meja dan kursi lalu buka tikar anyaman untuk alas piknik. Sediakan camilan ringan dan kue-kue di atas piring kertas seperti Anda sedang berpiknik di taman. Untuk menambah suasana, letakkan beberapa pot tanaman hijau di sekitar ruangan. Jangan lupa mengajak sang ayah ikut serta dan nyanyikan lagu-lagu riang bersama.
  • Berjalan Santai di Sekitar Kompleks Rumah 
    Ide ini mungkin terdengar sangat umum, tapi tahukah Anda betapa besar manfaat yang didapat si kecil? Ia bisa belajar menghargai hal-hal yang sederhana, dan kesempatan untuk menghabiskan waktu hanya bersamanya dalam suasana santai adalah hadiah terbesar yang bisa Anda berikan pada anak. Ajari ia untuk menyapa para tetangga yang ditemui di jalan dan tunjukkan padanya berbagai hal indah yang disediakan alam seperti kepompong yang menggantung di dahan, suasana matahari terbenam, dan awan putih yang berarak di angkasa.
Merencanakan Aktivitas Untuk Hiburan si Kecil
  1. Minta anak membuat daftar kegiatan apa saja yang ingin ia lakukan saat liburan sekolah. Beri ia kebebasan untuk menulis keinginannya mulai dari tamasya ke Gold Coast hingga mengadakan pesta piyama di rumah.
  2. Sortir pilihannya dan buat prioritas. Anda tidak selalu harus mengajaknya bersenang-senang ke berbagai tempat yang banyak menghabiskan uang. Selingi dengan kegiatan sederhana namun kreatif dan menarik.
  3. Untuk membuat suasana lebih seru, izinkan si kecil mengajak seorang atau dua orang sahabatnya ikut serta. Semakin ramai suasana, semakin menyenangkan kegiatan yang Anda persiapkan untuknya.
  4. Perhatikan keselamatan dan keamanan bagi anak (meski Anda cuma mengajaknya berkemah di halaman belakang). Dampingi ia saat membuat BBQ atau bahkan api ungun, dan awasi ia saat di tempat ramai agar tidak terpisah dari Anda.

Penulis : sourceSite ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Bersenang-Senang Kreatif ini dipublish oleh sourceSite pada hari Saturday, August 25, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Bersenang-Senang Kreatif
 

0 comments:

Post a Comment