Menumbuhkan Inspirasi Tak Harus dengan Mainan Baru


Jadi tidak setiap ada mainan baru atau mainan yang ia minta, Anda harus membelikannya. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada si kecil untuk bermain dengan obyek mainan yang lebih beragam ketika bermain dengan teman-temannya, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.
Ada baiknya Anda memperkenalkan mainan multifungsi, yaitu satu mainan yang dapat dibentuk menjadi berbagai variasi mainan dan dapat dimainkan bersama dengan teman-temannya. Dari mainan ini si kecil akan mendapat stimulasi yang beragam pula, seperti:
  • Melatih motorik halus dan kasar, konsentrasi, konsep sebab akibat, konsep ruang/bentu, sebab akibat, warna, sosialisasi dan lain-lain.
  • Beberapa mainan dasar yang sederhana dan imajinatif dapat Anda berikan padanya. Misalnya puzzle balok dengan satu sisi huruf dan sisi lainnya angka. Mainan ini selain untuk mengajarkan anak mengenal abjad dan huruf, juga bisa untuk belajar membaca.
  • Mengenalkan sebuah kata (misalnya ini ayah, ini ibu, itu meja, dan sebagainya), Anda telah menambah perbendaharaan kata pada si kecil. Jika angka/huruf dan balok–balok itu berwarna, maka Anda pun telah mengenalkan warna padanya.
  • Telepon-teleponan juga dapat mengajarkan etika berbicara dengan lawan bicaranya, serta melatih berani berkomunikasi dengan orang lain.
  • Mainan rancang bangun, seperti potongan-potongan geometri berbentuk kotak, persegi, segitiga, lingkaran, dan bentuk lain juga mengajarkan anak untuk belajar konsep ruang dan bentuk. Mainan tersebut banyak mengandung unsur edukatif, misalnya bisa mengajarkan rancang bangun pada si kecil. Dari potongan-potongan balok ia dapat membangun gedung, mobil-mobilan, dan rancang bangun lainnya.
Mainan yang termasuk dalam kategori mainan multifungsi ini tak harus Anda beli dengan harga mahal. Manfaatkanlah benda-benda di sekitar rumah Misalnya, gelas plastik, selain bisa dimasukkan ke dalam wadah yang lebih besar disusun juga bisa digunakan untuk belajar mengenal volume.
Namun, yang perlu diperhatikan, setiap mainan edukatif mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda, karena itu pilihlah yang sesuai dengan usia si kecil. Yang juga tak kalah pentingnya, ciptakan suasana menyenangkan, agar si kecil dapat bermain asyik dengan mainannya. Permainan yang beragam juga akan membuatnya lebih smart.

Penulis : sourceSite ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Menumbuhkan Inspirasi Tak Harus dengan Mainan Baru ini dipublish oleh sourceSite pada hari Saturday, August 25, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Menumbuhkan Inspirasi Tak Harus dengan Mainan Baru
 

0 comments:

Post a Comment